Mengapa mikroskop merupakan sesuatu yang sangat berguna untuk mempelajari sel

Berikut ini Jawaban Soal Sekolah Tentang Mengapa mikroskop merupakan sesuatu yang sangat berguna untuk mempelajari sel

Kata ‘mikroskop’ berasal dari 2 bahasa Yunani yaitu ‘micros’ yang berarti kecil dan ‘scopein’ yang berarti melihat. Mikroskop merupakakn sebuah alat yang dapat digunakan untuk melihat obyek yang ukurannya terlalu kecil untuk dapat dilihat dengan mata telanjang. Hal ini dimungkinkan berkat kemampuan mikroskop untuk melakukan pembesaran citra objek sampai dapat dilihat jelas dengan mata.

Berkat kemampuannya ini, mikroskop merupakan sesuatu yang sangat berguna untuk mempelajari sel. Sel yang berukuran 1 – 100 mikrometer (tergantung jenis: eukariotik atau prokariotik) terlalu kecil untuk dapat dilihat dengan kasat mata. Oleh karena itu, kita membutuhkan mikroskop. Dengan bantuan mikroskop, citra sel dapat diperbesar berpuluh, beratus, beribuan, hingga berjuta-juta kali dan menjadi jelas di hadapan mata kita.

Hingga saat ini terdapat 2 jenis mikroskop yaitu mikroskop cahaya dan mikroskop elektron. Perbedaan kedua jenis mikroskop ini terletak pada sumber tenaga yang digunakan untuk melakukan pembesaran citra obyek. Mikroskop cahaya menggunakan sinar matahari dan lensa untuk memperjelas dan memperbesar citra obyek yang diteliti. Karena keterbatasan kemampuan lensa, mikroskop ini memiliki kemampuan yang terbatas dalam memperbesar citra obyek.

Hal ini sangat berbeda dengan mikroskop elektron. Mikroskop ini menggunakan teknologi tercanggih dan elektron dalam mengamati obyek. Peneliti pun dapat memperbesar citra obyek hingga berjuta-juta kali dari ukuran aslinya. Berkat adanya mikroskop ini, kita mampu meneliti jauh lebih dalam ke bagian organel-organel sel, bahkan bagian virus, mikroorganisme, DNA dan lain-lain.

Contoh lain yang bisa kamu pelajari tentang mikroskop dapat kamu temukan pada halaman berikut:

Baca Juga  Lapisan endodermis embrio akan berkembang menjadi

Simpulan:

Mikroskop merupakan sesuatu yang sangat berguna untuk mempelajari sel karena dapat membantu kita memperbesar citra sel menjadi puluhan, ratusan, ribuan, hingga jutaan kali lipat lebih besar dari ukuran aslinya. Dengan demikian, kita bisa mendapat gambaran yang jelas dan jauh lebih mendetil dari sel dan setiap penyusunnya.

Kelas: VII

Mata pelajaran: Biologi

Kategori: Sel dan Organel

Kata kunci: sel, mikroskop, peralatan, pembesaran, citra, ukuran asli

Begitulah Kunci Jawaban Soal Sekolah Tentang Mengapa mikroskop merupakan sesuatu yang sangat berguna untuk mempelajari sel Semoga Membantu.