Nutrisi kentang paling banyak terletak pada bagian

Inilah Jawaban Soal Ujian Tentang Nutrisi kentang paling banyak terletak pada bagian

Nutrisi kentang paling banyak terletak pada bagian bawah kulit umbi kentang. Pada bagian bawah kulit umbi kentang mengandung banyak karbohidrat. Selain itu kentang mengandung banyak serat, vitamin dan mineral. Karbohidrat berfungsi untuk menghasilkan energi. Adapun vitamin dan mineral berfungsi untuk menunjang metabolisme tubuh.

Pembahasan

Kentang merupakan bahan pangan yang berupa umbi. Umbi kentang mengandung banyak nurisi makro maupun mikro. Nutrisi makro antara lain karbohidrat, serat dan protein. Adapun nutrisi mikro antara lain vitamin B, vitamin C dan mineral.

Berikut ini merupakan macam-macam zat makanan dan fungsinya pada manusia sebagai berikut:

1.  Karbohidrat

Karbohidrat merupakan sumber energi utama untuk tubuh. Satu gram karbohidrat menghasilkan sekitar 4,1 kilo kalori (kkal).

2.  Protein

Protein dibutuhkan oleh tubuh sebagai penghasil energi untuk pertumbuhan, dan mengganti sel-sel tubuh yang telah rusak, pembuat enzim dan hormon, dan pembentuk antibodi (sistem kekebalan tubuh).

3.  Lemak

Lemak atau lipid merupakan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh karena merupaan sumber energi terbesar pada tubuh.

4.  Vitamin

Vitamin dibutuhkan dalam jumlah sedikit pada tubuh, akan tetapi vitamin diperlukan untuk mengatur fungsi tubuh dan mencegah dari beberapa penyakit.

5.  Mineral

Mineral berguna untuk menjaga kestabilan asam basa pada tubuh, membantu dalam proses pembangunan sel, membantu reaksi kimia tubuh, mengangkut oksigen ke seluruh tubuh, dan membentuk serta memelihara tulang.

Detil jawaban

Kelas: 11

Mapel: Biologi

Bab: Struktur dan Fungsi Sel pada Sistem Pencernaan  

Kode: 11.4.6

#AyoBelajar

Begitulah Jawaban Soal Pelajaran Tentang Nutrisi kentang paling banyak terletak pada bagian Semoga Membantu.