Cara menghindari perhitungan ganda dalam perhitungan pendapatan nasional adalah

Inilah Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Cara menghindari perhitungan ganda dalam perhitungan pendapatan nasional adalah

Kelas: X
Mata pelajaran: Ekonomi
Materi: Ekonomi Makro
Kata kunci: Pendapatan nasional

Jawaban pendek:

Untuk menghindari masalah penghitungan ganda pada pendapatan nasional, hanya nilai tahap akhir kegiatan ekonomi, yaitu harga jual eceran, yang dihitung.

Jawaban panjang:

Pendapatan nasional adalah nilai semua output akhir barang dan jasa yang diproduksi oleh suatu negara dalam satu tahun.

Pendapatan nasional dihasilkan bila terjadi pertukaran yang melibatkan transaksi moneter. Namun, untuk transaksi ekonomi ini bisa dimasukkan dalam perhitungan pendapatan nasional, transaksi harus melibatkan pembelian barang atau jasa yang baru diproduksi. Sehingga, transaksi yang melibatkan penjualan barang bekas tidak menambah pendapatan nasional.

Perhitungan pendapatan nasional ini rawan akan kesalahan yang disebut penghitungan ganda. Kesalahan ini terjadi ketika suatu barang yang dihasilkan dihitung lebih dari satu kali. Perhitungan ganda ini dapat terjadi misalnya ketika barang berada dalam proses produksi dan perakitan yang multi tahap.

Untuk menghindari kesalahan ini, hanya harga retail atau harga eceran yang dijual ke konsumen yang dihitung dalam menghitung pendapatan nasional.

Contoh kasusnya adalah produksi sepeda motor yang memiliki harga eceran Rp 20 juta. Harga ini termasuk Rp 18 juta untuk semua biaya produksi ( Rp 10 juta untuk komponen, Rp 5 juta untuk perakitan dan Rp 3 juta untuk pemasaran) ditambah Rp 2 juta untuk keuntungan pabrik.

Untuk menghindari penghitungan ganda produksi kendaraan bermotor ini ke perhitungan pendapatan nasional, akun pendapatan nasional hanya mencatat nilai tahap akhir, yang dalam hal ini adalah harga jual Rp 20 juta.

Begitulah Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Cara menghindari perhitungan ganda dalam perhitungan pendapatan nasional adalah Semoga Membantu.