Penyebaran agama budha di indonesia dilakukan oleh

Adalah Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Penyebaran agama budha di indonesia dilakukan oleh

Penyebaran agama budha di indonesia dilakukan oleh sebuah misi yang dikenal dengan nama Dharmaduta

Pembahasan

Hai teman-teman BrainlyLovers…!!! Sekarang kita akan membahas penyebaran agama Buddha di Indonesia.  

Selamat belajar…!!!  

Masuknya Agama Buddha di Indonesia

Pertumbuhan Agama Buddha di Indonesia dilatarbelakangi letak wilayahnya yang strategis yaitu terletak diantara dua benua dan dua samudera. Hal itu yang menyebabkan pada zaman dahulu Indonesia di jadikan sebagai jalur pelayaran yang strategis antara India ke China ataupun sebaliknya. Banyaknya pedagang China dan India melalui Indonesia menyebabkan adanya pengaruh kebudayaan baik dari India maupun dari China. Para pedagang China dan Indiatidak hanya berdagang di wilayah Nusantara, tetapi juga berperan dalam proses penyebaran agama khususnya agama Hindu dan Buddha. Agama Buddha merupakan agama yang tidak mengenal kasta, sehingga dapat menyebar dengan merata tanpa memandang suatu kalangan ataupun kasta tertentu.

Masuknya agama Buddha di Indonesia diperkirakan awal abad pertama atau saat dimulainya perdagangan antar wilayah melalui jalur laut. Kerajaan Srivijaya (Sriwijaya) merupakan asal mula peranan kehidupan Agama Buddha di Indonesia, dimulai pada zaman Sriwijaya di Suvarnadvipa (Sumatera) pada abad ke-7. Hal ini terlihat pada catatan seorang sarjana dari China bernama I-Tsing yang melakukan perjalanan ke India dan Nusantara serta mencatat perkembangan agama Buddha di sana. Biarawan Buddha lainnya yang mengunjungi Indonesia adalah Atisa, Dharmapala, seorang Profesor dari Nalanda, dan Vajrabodhi, seorang penganut agama Buddha yang berasal dari India Selatan.

Baca Juga  Peran indonesia di asean dalam bidang pendidikan

Selain kerajaan Sriwijaya, masih banyak kerajaan-kerajaan lain yang bercorak Buddha di Indonesia, seperti kerajaan Tarumanegara, Mataram Kuno, dan kerajaan lainnya. Semua kerajaan tersebut berperan dalam proses perkembangan agama Buddha di Indonesia, India memiliki pengaruh kuat terhadap kerajaan-kerajaan pada saat itu.

Di Pulau Jawa berdiri kerajaan Buddha yaitu kerajaan Syailendra. Meskipun kerajaan Syailendra tidak sebesar kerajaan Sriwijaya, akan tetapi peninggalannya masih berdiri hingga saat ini. Salah satu peninggalannya adalah Candi Borobudur, yang merupakan warisan kebudayaan bangsa Indonesia dan termasuk sebagai salah satu dari keajaiban dunia. Candi Borobudur adalah sebuah cerminan kejayaan agama Buddha pada saat itu. Selain itu ditemukan juga lempengan batu berwarna di satu puing rumah bata yang diperkirakan kamar Bhiksu Buddha. Lempengan batu itu berisi 2 syair Buddhist dalam bahasa Sansekerta yang ditulis dengan huruf Pallawa.

Namun pada perkembagannya pengaruh India makin memudar, akan tetapi pengaruh dari negeri Tionghoa yang mendominasi agama Buddha sampai sekarang. Hal itu dapat dibuktikan dari bentuk bentuk patung, ornamen, dan tempat ibadah saat ini lebih didominasi unsur Tionghoa daripada India. Hal ini di sebabkan oleh banyaknya orang Tionghoa beragama Buddha yang berdagang di Indonesia sejak zaman dahulu, sehingga proses perkembangan Agama Buddha lebih banyak di dominasi oleh kebudayaan orang Tionghoa ketimbang dari India.

Pelajari Lebih Lanjut

Detail Jawaban

Kelas : 10

Mata Pelajaran : Sejarah

Bab 4 : Indonesia Zaman Hindu dan Buddha: Silang Budaya Lokal dan Global Tahap Awal

Kode : 10.3.2004

Kata Kunci : Agama Buddha, Candi Borobudur, India, China.

Demikianlah Jawaban Soal Sekolah Tentang Penyebaran agama budha di indonesia dilakukan oleh Semoga Membantu.