Sebutkan batas batas negara singapura

Inilah Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Sebutkan batas batas negara singapura

Batas-batas wilayah Singapura

  1. Utara: Selat Johor, yang memisahkan dengan Malaysia (negara bagian Johor)
  2. Timur: Laut China Selatan
  3. Selatan: Selat Singapura, yang memisahkan dengan Indonesia (Batam, Kepulauan Riau)
  4. Barat: Selat Malaka

Pembahasan:

Singapura adalah salah satu negara di Asia Tenggara. Negara ini berbentuk negara pulau, yang terletak di pulau Singapura dan pulau kecil sekitarnya. Di keempat sisinya, Singapura dipisahkan dengan perairan laut dan selat, yang memisahkan Singapura dengan Indonesia di selatan dan Malaysia di utara.

Selat Singapura yang memisahkan Indonesia dan Singapura merupakan jalur perdagangan padat, dengan banyak kapal yang melintas. Perdagangan ini menjadi sumber penghasilan utama Singapura. Perbatasan Indonesia-Singapura ini dilintasi dengan kapal feri dari pulau Batam.

Perbatasan Indonesia-Singapura dibentuk oleh perjanjian 1824 antara Inggris dan Belanda yang membagi kepulauan Nusantara menjadi wilayah pengaruh antara dua negara kolonial ini. Perbatasan antara Indonesia-Singapura saat ini terletak di Selat Singapura didasarkan pada garis perjanjian di mana wilayah di sebelah utara garis menjadi wilayah pengaruh Inggris  sementara yang selatan di bawah pengaruh Belanda.

Perbatasan Malaysia-Singapura adalah perbatasan laut yang membentang di sepanjang Selat Johor. Selat ini lebih sempit bila dibanding dengan Selat Singapura, sehingga dapat dihubungkan dengan jembatan, yang disebut dengan Johor Causeway (dalam bahasa Melayu disebut Tambak Johor). Jembatan sepanjang 1056 m ini selain menjadi penyeberangan juga membawa suplai air bersih ke Singapura.

Pelajari Lebih Lanjut:

1. Bagaimana negara Singapura mampu tumbuh menjadi negara maju di kawasan Asia Tenggara?

2. Sebutkan komoditas impor dan ekspor Singapura!!

Detail jawaban:  

Baca Juga  Di manakah kongres pemuda dilaksanakan

Kode: 12.9.5

Kelas: XII

Mata pelajaran: PPKN    

Materi: Bab 5 – Peran Indonesia dalam Hubungan Internasional

Kata kunci: Singapura

 

Demikianlah Jawaban Soal Sekolah Tentang Sebutkan batas batas negara singapura Semoga Membantu.