Jazirah arab diapit oleh kekaisaran bizantium dan kekaisaran

Inilah Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Jazirah arab diapit oleh kekaisaran bizantium dan kekaisaran

Jawaban:

Persia dan Romawi timur

Penjelasan:

Jawaban:

Jazirah Arab di apit oleh kekaisaran Persia dan kekaisaran Romawi Timur (disebut juga kekaisaran Byzantium).

Pembahasan:

Jazirah Arab adalah nama lain dari Semenanjung Arabia, sebuah semenanjung yang terletak di benua Asia bagian barat.

Istilah Jazirah Arab secara harfiah berarti “Pulau Arab” dalam bahasa Arab. Meski daerah ini adalah semenanjung, bukan pulau, namun disebut demikian karena dikelilingi perairan laut di ketiga sisinya, dan sungai Eufrat dan Tigris di utara. Semenanjung ini dibatasi oleh Laut Merah di bagian barat, Laut Arab dan Samudera Hindia di selatan, serta Teluk Persia di barat.

Pada masa Nabi Muhammad (570 – 633 M) semenanjung Jazirah Arab berada diantaradua kekaisaran besar, yaitu kekaisaran Romawi Timur di barat, dan kekaisaran Persia (dinasti Sasaniyah) di timur.

Kekaisaran Romawi Timur terbentuk setelah Kaisar Konstantin Agung memindahkan ibukota kekaisaran Romwai dari kota Roma ke kota Byzantium, yang diberi nama Konstantinopel, pada tahun 330 M. Sementari Dinasti Sasaniyah berkuasa di Persia setelah merebut kekuasaan dari Dinasti Parthia pada tahun 224 M.

Kedua kekaisaran ini berebut kekuasaan di wilayah Asia Barat, dan beberapa kali terlibat peperangan sengit. Peperangan terbesar terjadi setelah kudeta di Romawi Timur, yang menyebabkan tewasnya Kaisar Maurice dan naik tahtanya Kaisar Phocas pada tahun 622 M. Kaisar Khosrau Parvez dari Persia memanfaatkan kondisi krisis di Romawi Timur ini untuk menyerang serta menduduki provinsi Romawi Timur di Syria, Palestina, Mesir dan Armenia.

Namun setelah Kaisar Phocas dijatuhkan oleh Heraklius, yang lebih kompeten, Romawi Timur berhasil membalikkan keadaan dan merebut kembali wilayah yang hilang ini, dan memaksa Persia untuk berdamai pada tahun 628 M.

Baca Juga  Organisasi pertama di indonesia yang bersifat nasional berbentuk modern adalah

Peperangan besar ini menyebabkan kedua kekaisaran mengalami kerusakan di wilyhnya dan melemahkan keduanya. Akibat perang besar ini, kedua kekaisaran menjadi rentan, dan akhirnya pasukan Islam dibawah para Kulafaur Rashidin berhasil menaklukkan Persia dan mengusai provinsi-provinsi Kekaisaran Romawi Timur di Asia dan Afrika.

Kelas: VIII

Kode: –

Mata pelajaran: IPS/Sejarah

Materi: Sejarah Perkembangan Islam

Kata kunci: Jazirah Arab

Demikianlah Jawaban Soal Ujian Tentang Jazirah arab diapit oleh kekaisaran bizantium dan kekaisaran Semoga Membantu.