Jelaskan latar belakang diselenggarakannya perjanjian malino

Adalah Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Jelaskan latar belakang diselenggarakannya perjanjian malino

Deklarasi Malino adalah sebuah perjanjian damai yang dilaksanakan oleh Pemerintah Indonesia untuk mempertemukan pihak Kristen dan Islam yang bertikai di Poso dalam konflik komunal sepanjang tahun 2000 hingga 2001.

Pembahasan

“Perjanjian malino beri kontribusi selesaikan konflik maluku”

1. Bagaimana perasaan kalian setelah membaca berita tersebut?  

Jawaban:

Pernyataan yang menyatakan bahwa “Perjanjian malino beri kontribusi selesaikan konflik maluku”. Adalah sebuah peryataan yang melahirkan kegembiraan dan rasa senang yang mendalam. Tentunya kita sebagai warga negara Indonesia yang memiliki semboyan “Bhinneka Tunggal Ika” yang artinya berbeda-beda tetap satu jua, ketika konflik antar ras seperti ini mampu diselesaikan sangatlah merasa senang. Rasa senang akan kembalinya ikatan persatuan dan kesatuan, bisa saling bertoleransi walau dalam perbedaan dan saling merangkul demi persatuan bangsa NKRI.  

2. Jelaskan latar belakang di selenggarakannya perjanjian malino?

Jawaban:

Latar belakang diselenggarakannya perjanjian Malino adalah untuk menghentikan semua bentuk konflik dan perselisihan. Kubu Islam dan Kristen sama-sama sepakat meletakkan senjata, saling berangkulan dan memaafkan serta bahu-membahu menyongsong masa depan di Poso yang damai, tenang dan tenteram.

Deklarasi Malino I atau Deklarasi Malino untuk Poso , adalah perjanjian damai yang diprakarsai oleh pemerintah Indonesia pada tanggal 20 Desember 2001 di Malino , Kabupaten Gowa , Sulawesi Selatan . Perjanjian ini menyatukan orang – orang Kristen dan Muslim yang bertempur di Poso dalam konflik komunal dari tahun 1998 hingga 2001 , yang juga dikenal sebagai kerusuhan Poso. Pertemuan tersebut dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat pada saat itu, Jusuf Kalla .  

Baca Juga  Kuat lemahnya bunyi dalam lagu disebut

3. Jelaskan dampak di selenggarakan di perjanjian malino?

Jawaban:

Dampak dari perjanjian malino adalah dua komisi dibentuk: Komisi Keamanan dan Penegakan Hukum, dan Komisi Sosial Ekonomi. Komisi Keamanan memiliki dua tanggung jawab utama: pertama, dalam bidang keamanan, fokus pada perlucutan senjata dan repatriasi para pengungsi ; kedua, dalam bidang penegakan hukum.  

Komisi Sosial Ekonomi ditugaskan dengan sepuluh program: rekonsiliasi, rehabilitasi sosial, repatriasi pengungsi, asuransi jiwa, rehabilitasi fisik, normalisasi kegiatan ekonomi warga, dukungan sosial, pengembangan program pengasuhan, evaluasi dan pemantauan berkala, dan perkembangan program terkait untuk semua ini. Program ini dikelola oleh Kementerian Sosial (Poso Dinas Sosial), dengan pengecualian dana rekonsiliasi yang dikendalikan oleh Pemerintah Daerah Poso dan Kelompok Kerja Malino 1.

Selain itu, pemerintah pusat juga mengalokasikan dana untuk  memulihkan kondisi Kabupaten Poso mencapai hingga 54 juta rupiah . Pemerintah pusat juga telah menerapkan beberapa program untuk korban dan pengungsi konflik. Selain itu, program rekonsiliasi Poso juga direncanakan sebagai langkah selanjutnya dari Deklarasi Malino.

 4. Bagimana caranya untuk memelihara perdamaian setelah perjanjian malino?

Jawaban:  

Cara menjaga perdamaian setelah perjanjian Malino, diantaranya:

  1. Menempatkan persatuan, kesatuan, kepentingan dan keselamatan bangsa dan negara diatas kepentingan pribadi atau golongan.
  2. Menghindari kekerasan yang kembali dapat menimbulkan pertikaian.
  3. Saling menghargai perbedaan agama.
  4. Saling menghargai  perbedaan ras dan golongan.
  5. Menjalin tali persaudaraan walau berbeda agama, ras dan budaya.
  6. Meningkatkan rasa toleransi antar suku agama dan berbudaya.
  7. Rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara.

Pelajari lebih lanjut :

———————————-

Detail jawaban  

Kelas: 7

Mapel: PPKn

Bab: Pembelajaran Keregaman Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika

Kode: 7.9.4

Baca Juga  Berikut ini organ yang menyusun sistem pernapasan kecuali

Kata Kunci : Deklarasi, perjanjian Malino

Demikianlah Jawaban Soal Ujian Tentang Jelaskan latar belakang diselenggarakannya perjanjian malino Semoga Membantu.