Robbi zidni ilma warzuqni fahma adalah doa

Berikut ini Jawaban Soal Pelajaran Tentang Robbi zidni ilma warzuqni fahma adalah doa

Robbi zidni ‘ilma warzuqni fahma artinya adalah Yaa Rabb, tambahkanlah ilmu bagiku, dan berilah aku kefahaman.

PEMBAHASAN

Robbi zidni ‘ilma warzuqni fahma adalah doa yang sering dibaca ketika akan mulai belajar. Biasannya doa ini sudah diamalkan ketika mengingkuti TPA dimasjid ketika kecil hingga dibangku sekolah ketika akan belajar. Doa ini adalah doa yang singkat namum begitu dalam maknanya.

Robbi zidni ‘ilma merupakan sebuah ayat dari surah thaaha ayat 114,

فَتَعَٰلَى ٱللَّهُ ٱلْمَلِكُ ٱلْحَقُّ ۗ وَلَا تَعْجَلْ بِٱلْقُرْءَانِ مِن قَبْلِ أَن يُقْضَىٰٓ إِلَيْكَ وَحْيُهُۥ ۖ وَقُل رَّبِّ زِدْنِى عِلْمًا

fata’aalaa laahu lmaliku lhaqqu walaa ta’jal bilqur-aani min qabli an yuqdaa ilayka wahyuhu waqul rabbi zidnii ‘ilmaa

Maka Maha Tinggi Allah Raja Yang sebenar-benarnya, dan janganlah kamu tergesa-gesa membaca Al qur’an sebelum disempurnakan mewahyukannya kepadamu, dan katakanlah: “Ya Tuhanku, tambahkanlah kepadaku ilmu pengetahuan”.

Mengatakan Robbi zidni ‘ilma yang artinya tambahkanlah kepadaku ilmu pengetahuan berarti kita telah menafikan kemampuan diri kita dan menisbatkan kepada ALLAH bahwa segala ilmu pengetahuan yang kita pelajari hanya akan bisa kita kuasai  apabila ALLAH Ta’ala memberikan ilmu itu kepada kita. Maka tidak ada sedikitpun diri kita ini mampu  untuk memahami ilmu tanpa ijin dari ALLAH Ta’ala. Kemudian ditambahkan dengan warzuqni fahma yang artinya dan berilah aku kepahaman, yaitu kita memohon tidak hanay bertambahnya ilmu namun juga kepahaman dalam ilmu tersebut. karena tahu dan paham sangat berbeda. tahu  saja tidak cukup, namun harus paham..

Baca Juga  Apa peran tim pro terhadap mosi debat

Contohnya ketika kitaditanya “ lebih besar mana pahala sholat dirumah atau sholat dimasjid ? “ , hampir semua orang akan menjawab  sholat dimasjid lebih besar pahalanya, bahkan mengetahui bahwa pahala shoalot dimasjid dikalikan 27 derajat. Namun kenapa banyak orang yang tidak mengamalkan sholat berjamaah di masjid ? jawabannya adalah karena orang ini hanya tahu saja namun belum faham atas fadhilah sholat dimasjid.

Pelajari Lebih Lanjut

Okee semangat belajarnya ya adik-adik yang sholeh dan sholeha ! jadikan yang terbaik !

……………………………………………………………………………………………………………………………..

DETAIL JAWABAN

Kelas : X

Pelajaran : Agama

Kategori : Bab 6 – Meniti Hidup dengan Kemuliaan

Kode : 10.14.6

Kata Kunci : manfaat menuntut ilmu, pentingnya ilmu, fadhilah orang berilmu

Begitulah Jawaban Soal Sekolah Tentang Robbi zidni ilma warzuqni fahma adalah doa Semoga Membantu.