Reproduksi seksual pada bakteri terjadi melalui

Berikut ini Jawaban Soal Ujian Tentang Reproduksi seksual pada bakteri terjadi melalui

Reproduksi bakteri secara seksual pada bakteri bisa terjadi dengan tiga cara yaitu transduksi, transformasi, dan konjugasi. Berikut ini adalah penjelasan lebih lanjut.

Pembahasan:

Reproduksi bakteri secara seksual

Reproduksi bakteri secara seksual dikenal pula menggunakan istilah reproduksi generatif yang terjadi melalui proses perkawinan terlebih dahulu. Reproduksi bakteri secara seksual adalah proses penggabungan DNA bakteri berdasarkan dua bakteri yang berbeda, baik secara langsung maupun tidak langsung. Reproduksi seksual dalam bakteri dapat terjadi menggunakan 3 cara yaitu transduksi, transformasi, & konjugasi.


1. Transduksi

Transduksi adalah tipe reproduksi seksual pada bakteri dengan melibatkan bakteriofage (virus yang menyerang bakteri) menjadi vektor pembawa dan pemindah materi genetik menurut satu sel bakteri ke bakteri lainnya. Prosesnya merupakan sebagai berikut:

  • Pada mulanya, bakteriofage akan menginfeksi suatu bakteri.
  • Kemudian, materi genetik yg dimiliki bakteriofage tersebut akan ditransfer ke DNA kromosomal atau plasmid bakteri.
  • Proses penyisipan materi genetik bakteriofage ke pada sel bakteri akan mengakibatkan terjadinya rekombinasi DNA pada materi genetik bakteri.
  • Bakteriofage yang sudah menyisipkan materi genetiknya merogoh alih sistem metabolisme bakteri sebagai inang, sehingga sel bakteri yang telah disisipi akan mengalami lisis.
  • Bakteriofage yang telah dirakit ulang dengan membawa materi genetik hasil rekombinasi akan mencoba untuk menginfeksi inang baru lalu melakukan proses serupa.

2. Transformasi

Transformasi adalah galat satu proses perkembangbiakan bakteri yang pada pada tahapannya terjadi daur perpindahan DNA yg berasal dari sel bakteri donor akan menggantikan sebagian menurut kedudukan sel bakteri penerima. Akteri akan berikatan dengan DNA dan kemudian memasukkan DNA tadi ke dalam selnya. DNA yang baru masuk ini akan bergabung menggunakan DNA bakteri dan menghasilkan kombinasi materi genetik baru. Akan namun perlu diketahui bahwa proses transformasi ini tidak bisa terjadi melalui kontak secara langsung..

Baca Juga  Hukum material dan hukum formal merupakan penggolongan hukum berdasarkan

Siklus perkembang biakan transformasi hanya dapat terjadi pada beberapa jenis spesies bakteri saja. Beberapa model bakteri yang melakukan reproduksi secara transformasi adalah Streptococcus pneumoniae, Neisseria gonorrhoeae, Bacillus, & Rhizobium.  

3. Konjugasi

Konjugasi adalah proses reproduksi bakteri yg terjadi menggunakan adanya transfer DNA yg berasal menurut sel bakteri donor, kemudian diteruskan ke bagian sel bakteri penerima. Dari proses konjugasi tadi, terbentuk jembatan yang sering disebut menggunakan kata pilus. Jembatan atau pilus ini berfungsi menjadi alat cara lain buat memindahkan materi genetik menuju tempat tertentu. Pilus memiliki karakteristik dalam bagian ujung yg inheren dibagian sel penerima, selanjutnya DNA berdasarkan bakteri donor akan ditransfer melalui jembatan pilus.


Jenis Bakteri

Bakteri Gram positif

Bakteri Gram positif memiliki dinding sel yang menyerap warna violet & mempunyai lapisan peptidoglikan yang tebal. Dinding sel homogen & tebal (20-80 nm), sebagian akbar tersusun berdasarkan peptidoglikan sebagian lagi terdiri dari polisakarida lain serta asam teikoat. Bentuk sel berdasarkan bakteri Gram positif ini adalah batang atau berbentuk filamen & bulat. Sistem reproduksi bakteri Gram positif melalui pembelahan secara biner. Alat geraknya berupa flagela nonmotil, jika tidak memiliki motil maka memakai petritrikus. Contoh bakteri Gram positif, yaitu Actinomyces, Lactobacillus, Propionibacterium, Eubacterium, Bifidobacterium, Arachnia, Clostridium, Peptostreptococcus, dan Staphylococcus.


Bakteri Gram negatif

Bakteri Gram negatif mempunyai dinding sel yg menyerap rona merah & mempunyai lapisan peptidoglikan yang tipis. Lapisan peptidoglikan dalam bakteri Gram negatif terletak di ruang periplasmik antara membran plasma menggunakan membran luar. Bakteri Gram negatif memiliki sifat patogen, sehingga lebih berbahaya apabila dibandingkan bakteri gr positif. Hal ini dikarenakan membran luar pada bagian dinding sel bisa melindungi bakteri tadi, yg berakibat dalam terhalangnya zat antibiotik yang akan masuk. Contoh bakteri Gram negatif, yaitu Azotobacter, Rhizobium leguminosarum, Neisseria gonorrhoeae, Haemophilus influenzae, Pseudomonas aeruginosa, Salmonella typhi, & Helicobacter pylori.

Baca Juga  Orang yang mengarang puisi disebut

Pelajari lebih lanjut:

  1. Materi tentang kandungan endospora brainly.co.id/tugas/25153067
  2. Materi tentang bakteri gram positif & negatif brainly.co.id/tugas/8407505
  3. Materi tentang Struktur multiselules bakteri brainly.co.id/tugas/22227587

Detail Jawaban:

Kelas: X

Mapel: Biologi  

Bab: Klasifikasi Makhluk Hidup

Kode: 10.4.3

Begitulah Jawaban Soal Sekolah Tentang Reproduksi seksual pada bakteri terjadi melalui Semoga Membantu.