Upaya pemerintah untuk meningkatkan kesadaran hukum di masyarakat adalah?

Upaya pemerintah untuk meningkatkan kesadaran hukum di masyarakat adalah?

  1. melakukan tindakan melawan penegak hukum
  2. menciptakan iklim hukum yang tidak kondusif
  3. mengembangkan budaya hukum disebagian lapisan masyarakat
  4. menata sistem hukum nasional yang menyeluruh
  5. mencari celah hukum yang menguntungkan

Jawaban yang benar adalah: D. menata sistem hukum nasional yang menyeluruh.

Dilansir dari Ensiklopedia, upaya pemerintah untuk meningkatkan kesadaran hukum di masyarakat adalah menata sistem hukum nasional yang menyeluruh.

Upaya pemerintah untuk meningkatkan kesadaran hukum di masyarakat adalah Menanamkan kesadaran hukum di masyarakat wajib dilakukan semua pihak, agar tertib hukum dapat berjalan lancar. Hukum dibuat untuk mengatur norma dan kehidupan manusia, agar tidak saling mencelakai satu sama lain. Selain itu juga untuk meregulasi apa yang boleh dan apa yang tidak boleh dilakukan oleh masyarakat.

 

↔Pembahasan :

Kesadaran hukum harus didasari dengan pengetahuan apa itu hukum. Jika seseorang tak tahu apa itu hukum ia tentu saja tak bisa menjalankan hukum sebagai mana mestinya. Ia mesti tahu bahwa hukum adalah hal penting untuk masyarakat karena hal itu melindungi masyarakat dari keadaan tak berhukum.

 

Selanjutnya adalah kesadaran tentang kewajiban hukum kita terhadap orang lain. Hal itu juga penting karena itu akan bisa membuat hukum berjalan sebagai mana mestinya. Ketika seseorang tahu apa yang boleh dan tak boleh ia lakukan pada orang lain, dan sadar bahwa akan ada ganjaran dari setiap hal yang ia lakukan, baik atau pun tidak baik, mereka akan secara otomatis memiliki kesadaran hukum.

Menumbuhkan kesadaran hukum memang bukan persoalan mudah, akan tetapi, pengajaran-pengajaran yang dilakukan secara berkala akan memberikan efek penerimaan hukum oleh masyarakat itu sendiri.

Baca Juga  Kehidupan demokrasi dapat dilihat dalam bentuk?

Ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya taat hukum, antara lain:

1. Tindakan.

Hal ini menjadi salah satu cara utama dan pertama untuk menanamkan kesadaran hukum pada masyarakat.

2. Pendidikan.

Segala hal tentang pengetahuan, pemahaman, kesadaran hukum orang lain, dan menerima hukum, harus disampaikan dengan cara yang tepat.

3. Kampanye.

Kampanye juga merupakan salah satu bentuk pengenalan terhadap hukum.

4. Keteladanan.

Keteladanan menjadi unsur penting untuk menumbuhkan kesadaran hukum dimasyarakat.

Demikianlah tips untuk menumbuhkan kesadaran hukum, dan bagaimana membuat kesadaran hukum itu muncul. Pada dasarnya, jika semua manusia ingin hidup lebih baik dengan bersama-sama, maka kesadaran hukum itu akan muncul dengan sendirinya.

↔Kesimpulan :

bahwasanya soal tersebut membahas tentang menumbuhkan kesadaran hukum.