Gambarkan skema struktur birokrasi pemerintahan kerajaan mataram

Inilah Jawaban Soal Ujian Tentang Gambarkan skema struktur birokrasi pemerintahan kerajaan mataram

Struktur birokrasi atau susunan pemerintahan dari suatu kerajaan di masa lampau dapat pula digambarkan dengan pohon keluarga. Hal ini dikarenakan di jaman dahulu sistem kerajaan akan diwariskan kepada putranya dari generasi ke generasi.

Kerajaan Mataram memiliki dua versi, yaitu Mataram Kuno (bercorak Hindu) dan Mataram Islam. Karena, struktur Mataram Kuno yang masih banyak celah (tidak lengkap), saya akan menggunakan Mataram Islam.

Penjelasan Skema Birokrasi dari Kerajaan Mataram

  • Kerajaan Mataram pertama kali didirikan oleh Sutawijaya yang bergelar Panembahan Senopati. Sutawijaya sendiri merupakan anak dari Ki Ageng Pemanahan, tidak dijelaskan siapa nama istri Ki Ageng Pemanahan.
  • Raja Sutawijaya menikahi Ratu Hadi dan memiliki anak yaitu Raden Mas Jolang yang bergelar Sultan Hanyakrawati. Tidak diketahui siapa nama istrinya. Raden Mas Jolang ini meninggal di Krapyak akibat menumpas pemberontakan di Krapyak.
  • Raden Mas Rangsang merupakan anak dari Raden Mas Jolang. Raden Mas Rangsang bergelar Sultan Agung yang merupakan raja pembawa Mataram ke masa kejayaan dan salah satu pahlawan Nasional Indonesia.
  • Sultan Agung menikahi Putri Cirebon (tidak ditemukan siapa nama aslinya) yang kemudian memiliki putra yaitu Amang Kurat I.
  • Sultan Amang Kurat I menikah dengan Ratu Kulon dan memiliki putra yaitu Sultan Amang Kurat II. Sultan Amangkurat II ini membangun kerajaan baru yaitu Kasunanan Surakarta.
  • Sultan Amangkurat II menikah dengan beberapa istri, namun salah satunya saja yang melahirkan seorang putra yang diberi nama Sultan Amang Kurat III.
Baca Juga  Apa saja faktor yang mempengaruhi pertumbuhan kucing

Detail Soal :

Kelas : 10

Mata pelajaran : Sejarah

Materi : Bab 5 – Zaman Kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia

Kata Kunci : Mataram Islam; Struktur Birokrasi

Kode Kategorisasi : 10.3.5

Pelajari Lebih Lanjut :

Ingin mempelajari mengenai Mataram Kuno sebagai pendahulu Mataram Islam ? Ikuti link-link berikut ini ya …

#OptiTimCompetition

Begitulah Jawaban Soal Pelajaran Tentang Gambarkan skema struktur birokrasi pemerintahan kerajaan mataram Semoga Membantu.