Hadits tentang kebersihan sebagian dari iman beserta latin dan artinya

Berikut ini Jawaban Soal Ujian Tentang Hadits tentang kebersihan sebagian dari iman beserta latin dan artinya

Kelas : V SDM / VII SMPIT
mapel : hadits
kategori : hadits tentang kebersihan
kata kunci : hadits tentang kebersihan riwayat Tirmidzi, Baihaqi dan Muslim

Pembahasan:

Hadits tentang kebersihan

HR Tirmidzi

إِنَّ اللَّهَ تَعَالى طَيِّبٌ يُحِبُّ الطَّيِّبَ نَظِيفٌ يُحِبُّ النَّظَافَةَ كَرِيمٌ يُحِبُّ الْكَرَمَ جَوَادٌ يُحِبُّ الْجُودَ فَنَظِّفُوا أَفْنِيَتَكُمْ (رواه التيرمدى:

Innallaha ta’ala thoyyibu yuhibbu thoyyiba nadhifun yuhibbun nadhofata kariimun yuhibbul karoma jawaadun yuhibbu juuda fanadhifu afniyatikum

artinya : Sesungguhnya Allah swt. Itu baik, Dia menyukai kebaikan. Allah itu bersih, Dia menyukai kebersihan. Allah itu mulia, Dia menyukai kemuliaan. Allah itu dermawan ia menyukai kedermawanan maka bersihkanlah olehmu tempat-tempatmu. (H.R. at –Tirmizi)

HR Baihaqi

اَلْاِسْلَامُ نَطِـيْفٌ فَتَـنَطَفُوْا فَاِنَـهُ لايَدْخُلُ الْجَنَـةَ اِلانَطِيْفٌ (رواه البيهقى

al-islaamu nadhiifun fatanadhofuu fainnahuu laa yadhulul jannata illa nadhiifun

artinya: Islam itu adalah bersih, maka jadilah kalian orang yang bersih. Sesungguhnya tidak masuk surga kecuali orang-orang yang bersih (H.R. Baihaqi)

HR Muslim

عَنْ أَبِي مَالِكٍ الْأَشْعَرِيِّ رَضِي اللَّهُ عَنْهُ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الطُّهُورُ شَطْرُ الإِيمَانِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ تَمْلأُ الْمِيزَانَ وَسُبْحَانَ اللَّهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ تَمْلآَنِ أَوْ تَمْلأُ مَا بَيْنَ السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضِ وَالصَّلاةُ نُورٌ وَالصَّدَقَةُ بُرْهَانٌ وَالصَّبْرُ ضِيَاءٌ وَالْقُرْآنُ حُجَّةٌ لَكَ أَوْ عَلَيْكَ كُلُّ النَّاسِ يَغْدُو فَبَايِعٌ نَفْسَهُ فَمُعْتِقُهَا أَوْ مُوبِقُهَا  –رواه مسليم

‘An abii maalik al-asy’arii r.a qoola rosulullahi shollallahu ‘alaihi wasallama, ath-thohuuru syathrol iimaan walhamdulillahi tam-ul miizaan wasubhaanallahi walhamdulillahi tamlau maa baynas samaawaati wal ardhi washolaatu nuurun washoiqotu burhaanun wadhobru dhiyaaun wal qur’aanu hujjatun laka au ‘alaika kullu nnaasi yaghduu fabaayi’u nafsahu famu’niquhaaau mu’biquhaa

Baca Juga  Contoh tumbuhan yang dapat digunakan sebagai bahan bakar bio adalah

artinya: Dari Abu Malik al-as’ari berkata, Rasulullah saw. Bersabda, “Bersuci itu sebagian dari iman, membaca alhamdulillah adalah memenuhi timbangan amal, membaca subhanallah wal hamdulillah adalah memenuhi seisi langit dan bumi, salat sunah adalah cahaya, sedekah adalah petunjuk, sabar adalah sinar yang memancar, dan Al-Qur’an adalah hujjah (argumen) dalam pembicaraanmu. Setiap manusia pada waktu pagi hari, hakekatnya harus memperjual belikan dirinya. Ada kalanya ia laba (selamat dari maksiat) dan ada kalanya rugi (terseret maksiat)  (H.R. Muslim)

Begitulah Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Hadits tentang kebersihan sebagian dari iman beserta latin dan artinya Semoga Membantu.