Pancasila sebagai ideologi terbuka secara struktural memiliki tiga dimensi yaitu

Inilah Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Pancasila sebagai ideologi terbuka secara struktural memiliki tiga dimensi yaitu

Pancasila sebagai ideologi terbuka secara struktural memiliki tiga dimensi yaitu dimensi idealisme, dimensi normatif dan dimensi realitas.

Pembahasan

Pancasila adalah ideologi bangsa yang dijadikan dasar negara untuk mengatur segala kehidupan bangsa agar teratur dan sesuai dengan nilai – nilai dalam butir Pancasila itu sendiri. Pancasila sebagai ideologi terbuka secara struktural memiliki tiga dimensi yaitu dimensi idealisme, dimensi normatif dan dimensi realitas.

Dimensi Idealisme bermakna bahwasanya nilai – nilai yang terkandung dalam Pancasila sifatnya sistematis, rasional, serta menyeluruh seperti dalam butir – butir Pancasila yaitu Ketuhanan, Kemanusiaan, Persatuan, Kerakyatan, dan Keadilan yang hendak dicapai untuk cita – cita atau masa masa depan negara lebih baik lagi.

Dimensi Normatif bermakna bahwasanya nilai – nilai yang terkandung dalam Pancasila dijabarkan dalam suatu sistem norma yang tersusun dalam pembukaan UUD 1945 alinea 4.

Dimensi Realitas bermakna bahwasanya nilai – nilai yang terkandung dalam Pancasila harus mampu berkembang dalam kehidupan masyarakat yang berbangsa dan bernegara.

Ideologi terbuka artinya nilai – nilai yang terkandung dalam Pancasila yang mampu menyesuaikan dengan  perkembangan zaman dan teknologi ilmu pengetahuan dengan tidak mengubah nilai – nilai dasar didalamnya.

===============================

Pelajari lebih lanjut:

  1. Materi tentang makna sila ke-3 Pancasila: brainly.co.id/tugas/609944
  2. Materi tentang Pancasila dapat menjadi dasar negara dalam kaitan dengan keadaan bangsa indonesia yang pluralistik: brainly.co.id/tugas/23372946
  3. Materi tentang manfaat dasar negara​: brainly.co.id/tugas/30704838

____________________________

DETAIL JAWABAN

Kelas: 8

Mapel: PPKn

Bab: 1 – Pancasila sebagai Ideologi Negara dan Dasar Negara Indonesia

Baca Juga  Jumlah elektron maksimum yang dapat mengisi kulit n adalah

Kode Kategorisasi: 8.9.1

#TingkatkanPrestasimu

Begitulah Jawaban Soal Sekolah Tentang Pancasila sebagai ideologi terbuka secara struktural memiliki tiga dimensi yaitu Semoga Membantu.