Sombong juga dikenal dengan istilah

Adalah Kunci Jawaban Soal Sekolah Tentang Sombong juga dikenal dengan istilah

Sombong juga dikenal dengan istilah takabur. Sombong adalah sikap merasa tinggi dan lebih baik dari orang lain. sombong termasukdalam akhlak tercela.

PEMBAHASAN

Iblis dahulu orang yang mulia, dijuluki sebagai gurunya pra maliakat, karena keluasan ilmu yang ALLAH anugrahkan kepadanya. Dijadikan panglima perang untuk memberantas kejahatan banul jan di bumi, karena ALLAH anugrahkan kekuatan kepadanya. Iblispun makhluk yang taat beribadah, dengan ibadah yang tidak bisa ditiru manusia saat ini. Namun semua itu hilang, kemuliaannya hancur dan ALLAh melak-natnya menjadi makhluk yang hina, hanya karena satu dosanya, yaitu kesombongan dalam hatinya yang meras lebih baik dari adam, sehingga ia enggan bersujud kepada Adam. Kesombongan yang kemudian menghinakannya hingga selama-lamanya.

Sombong atau takabur adalah salah satu akhlak tercela, perbuatan yang dibenci dan dilarang dalam agama. peringatan dan ancaman yang keras diberikan kepada pelakunya. Sombong atau takabur adalah sikap merasa lebih baik dari orang lain, lebih tinggi derajatnya dari orang lain, lebih mampu dari orang lain, dan merasa segala kehebatan yang ALLAh titipkan kepadanya adalah karena hasil jerih payahnya sendiri.

Maka orang beriman mengambil pelajaran dri kisah iblis, yang celaka karena kesombongan. ALLAH Ta’ala berfirman mengenai sifat sombong,

1.

وَلاَ تُصَعِّرْ خَدَّكَ لِلنَّاسِ وَلاَ تَمْشِ فِي اللأَرْضِ مَرَحاً إِنَّ اللهَ لاَ يُحِبُّ كُلَّ مُخْتَالٍ فَجُوْرٍ 18

“Dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong) dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri.” (QS. Luqman:18)

Baca Juga  Bagaimana kamu membedakan karya seni rupa berdasarkan fungsinya

2.

إِنَّهُ لَا يُحِبُّ الْمُسْتَكْبِرِينَ

“Sesungguhnya Dia tidak menyukai orang-orang yang menyombongkan diri.” (QS. An Nahl: 23)

Rasulullah pun memberi ancaman keras mengenai orang sombong dalam sabdanya,

“Tidak akan masuk surga seseorang yang di dalam hatinya terdapat kesombongan sebesar biji sawi.” Ada seseorang yang bertanya, “Bagaimana dengan seorang yang suka memakai baju dan sandal yang bagus?” Beliau menjawab, “Sesungguhnya Allah itu indah dan menyukai keindahan. Sombong adalah menolak kebenaran dan meremehkan orang lain.“ (HR. Muslim no. 91)

PELAJARI LEBIH LANJUT

Demikian jawaban kakak, untuk pertanyaan tentan agama yang lain, bisa dicek disini !

Apa pengaruh iman kepada sifat Al-alim dalam kehidupan sehari-hari?

Buatlah tanya jawab tentang mad thabi’i

Point apa hubungan antara iman , islam dan ikhsan

Oke adik adik Semangat!!! jadikan yang terbaik !

…………………………………………………………………………………………………………………………..

DETAIL JAWABAN

Kelas : VIII

Pelajaran : Agama

Kategori : Bab 4 – akhlak tercela

Kata Kunci : sifat sombong, kisah iblis, takabur

Kode : 8.14.4

Demikianlah Jawaban Soal Pelajaran Tentang Sombong juga dikenal dengan istilah Semoga Membantu.