Dua partai hasil penyederhanaan partai pada masa orde baru adalah

Berikut ini Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Dua partai hasil penyederhanaan partai pada masa orde baru adalah

Pemerintahan Orde Baru terbentuk dengan  diawali keputusan Sidang Istimewa MPRS tanggal 12 Maret 1967 yang menetapkan Jenderal Soeharto sebagai pejabat presiden. Kedudukannya itu semakin kuat setelah pada 27 Maret 1968, MPRS mengukuhkannya sebagai presiden penuh. Pengukuhan tersebut dapat dijadikan indikator dimulainya kekuasaan Orde Baru.Setelah mendapatkan kekuasaan seutuhnya pemerintah orde baru telah melakukan beberapa kebijakan salah satu adalah penyedarhaan partai politik pada akhir 1971

Pembahasan  

Pada akhir tahun 1971, pemerintah Orde Baru membuat gagasan penyederhanaan partai politik dengan alas alasan seperti kasus banyaknya partai dianggap tidak memudahkan pembangunan, justru malah menambah permasalahan. Penyebab penyebab permasalahan antara lain karena adanya persaingan antarparpol, persaingan para pemimpin di dalam tubuh parpol sering memicu timbulnya krisis, bahkan perpecahan yang dinilai bisa mengganggu stabilitas polkam. Atas pertimbangan tersebut, pemerintah berpendapat perlu adanya penyederhanaan partai  

 Pada awalnya banyak parpol yang menolak gagasan itu,banyak parpol beranggapan gagasan itu telah menutup aspirasi kebebasan berkumpul dan berserikat yang telah dijamin oleh UUD 1945. Namun karena adanya tekanan dari pemerintah menyebabkan mereka tidak mempunyai pilihan lain.

Realisasi penyederhanaan partai tersebut dilaksanakan melalui Sidang Umum MPR tahun 1973.  Penyederhanaan jumlah partai bukan berarti menghapuskan partai tertentu tetapi dilakukan penggabungan (fusi) sejumlah partai.Penggabungan tersebut menghasilkan tiga kekuatan sosial-politik, yaitu :  

  • Partai Persatuan Pembangunan (PPP) merupakan fusi dari NU, Parmusi, PSII, dan Partai Islam Perti yang dilakukan pada tanggal 5 Januari 1973 (kelompok partai politik Islam)
  • Partai Demokrasi Indonesia (PDI), merupakan fusi dari PNI, Partai Katolik, Partai Murba, IPKI, dan Parkindo (kelompok partai politik yang bersifat nasionalis).
  • Kelompok Golkar yang semula bernama Sekber Golkar.
    Meskipun Golkar menyatakan bukan sebagai partai politik tetapi secara kekuataan Golkar adalah partai politik
Baca Juga  Surat al kafirun diturunkan sesudah surat

Pengelompokkan tersebut secara formal berlaku pula di lingkungan DPR dan MPR.

Pelajari Lebih Lanjut :  

  1. Pengertian Orde Baru brainly.co.id/tugas/2323980  
  2. Perbedaan Orde Baru Dan Orde Lama brainly.co.id/tugas/1114204  
  3. Kelebihan dan Kelemahan Orde Baru brainly.co.id/tugas/2102071  

Detail Jawaban :  

Kelas : 9  

Mapel : IPS  

Bab : Berakhirnya Orde Baru dan Lahirnya Reformasi  

Kode : 9.10.13  

Kata Kunci :Orde Baru,Partai Politik,PPP,PDI,Golkar

Begitulah Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Dua partai hasil penyederhanaan partai pada masa orde baru adalah Semoga Membantu.