Kebangkitan nasionalisme di indonesia ditekankan pada

Inilah Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Kebangkitan nasionalisme di indonesia ditekankan pada

Nasionalisme adalah paham atau ajaran untuk mencintai bangsa dan negara sendiri. Kebangkitan nasionalisme Indonesia diawali berdirinya Budi Utomo dan kemudian diperkuat dengan peristiwa Sumpah Pemuda pada 1928.

Pembahasan

Kebangkitan nasionalisme di Indonesia ditekankan pada…..

b. kesadaran untuk mengubah nasib bangsa yang terjajah.

Bangkitnya nasionalisme berawal dari kesadaran bahwa perlawanan kedaerahan tidak berhasil di setiap daerah di Indonesia. Para tokoh pun menyadari bahwa arah perlawanan rakyat Indonesia harus diubah dalam melawan penjajah.

Budi Utomo merupakan salah satu organisasi yang memiliki andil terhadap pergerakan nasional Indonesia. Budi Utomo menjadi organisasi modern pertama yang muncul di Indonesia. Oleh karena itulah pemerintah RI menetapkan tanggal berdirinya Budi Utomo diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional.

Organisasi Budi Utomo dapat dikatakan peletak kebangkitan nasional karena dengan terbentuknya Budi Utomo, kesadaran pentingnya perjuangan untuk kepentingan nasional dalam membebaskan diri dari penjajahan.  

Setelah peristiwa Sumpah pemuda, organisasi-organisasi politik yang lahir mulai mencantumkan kata “Indonesia” dalam namanya. Organisasi-organisasi yang masih bersifat kedaerahan mulai memproses untuk bersatu dalam satu wadah, yaitu Organisasi Indonesia Muda.

Pelajari lebih lanjut

————————————-

Detail Jawaban

Kelas: VIII

Mapel: PPKn

Bab: Semangat Kebangkitan Nasional Tahun 1908 (Bab 4)

Kode: 8.9.4

#AyoBelajar

Begitulah Jawaban Soal Sekolah Tentang Kebangkitan nasionalisme di indonesia ditekankan pada Semoga Membantu.

Baca Juga  Proses kreasi seni mempunyai ciri sifat khusus berikut ini kecuali