Contoh pengawetan jangka panjang adalah

Inilah Jawaban Soal Ujian Tentang Contoh pengawetan jangka panjang adalah

Teknik pengawetan makanan jangka panjang, dapat dilakukan dengan :

  1. Teknik pasteurisasi, contoh : pembuatan sari buah, pembuataan susu dalam kemasan
  2. Teknik sterilisasi, contoh : pembuatan sarden, coktail, sosis, sayur kalengan

Pembahasan

Proses pengawetan bertujuan untuk memperpanjang masa pakai, masa konsumsi pada makanan tertentu. Pengawetan jangka panjang dilakukan dengan penggabungan metode dan penambahan bahan tertentu, sehingga massa konsumsi bahan pangan akan lebih panjang. Contoh proses ini :

  1. Teknik pasteurisasi. Metode pasteurisasi pangan merupakan pengawetan pangan dengan cara memanaskan makanan yang bertujuan membunuh mikroorganisme patogen dan sebagian mikroorganisme pembusuk (seperti bakteri , virus, protoza, kapang, khamir), sehingga mikroorganisme tidak lagi bisa menyebabkan penyakit. Metode ini lebih optimal dengan disertai pendinginan, pemberian bahan pengawet, pengemasan dengan metode pemvakuman.
  2. Teknik Sterilisasi. Metode sterilisasi pangan merupakan pengawetan makanan dengan cara memanaskannya pada suhu tinggi sehingga akan dapat membunuh semua mikroorganisme patogen yang ada dalam bahan pangan. Metode sterilisasi lebih optimal jika diikuti dengan proses pengalengan yang dilakukan dengan melibatkan proses pengeluaran udara (melalui pemvakuman), pengaturan pH dan pemberian zat pengawet. Pada proses sterilisasi akan disertai pengalengan yang menggunakan wadah serta kemasan menjadi hal yang sangat penting untuk melindungi produk dari mikroorganisme dan menghindari terjadinya rekontaminasi selama penyimpanan.

Pelajari lebih lanjut  

  1. Materi tentang pengolahan makanan brainly.co.id/tugas/1238286
  2. Materi tentang metode pengawetan bahan pangan brainly.co.id/tugas/5002421
  3. Materi tentang perbedaan pendinginan dengan pembekuan brainly.co.id/tugas/15900253

—————————–

Detil jawaban

Kelas : VIII

Mapel : Kewirausahaan

Bab : Pengawetan Makanan / Pengolahan Pangan

Kode : —

#AyoBelajar

Begitulah Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Contoh pengawetan jangka panjang adalah Semoga Membantu.