Wala ta awanu alal itsmi wal udwan artinya

Berikut Ini adalah Jawaban Soal Pelajaran Tentang Wala ta awanu alal itsmi wal udwan artinya

وَتَعَاوَنُوْا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوٰىۖ وَلَا تَعَاوَنُوْا عَلَى الْاِثْمِ وَالْعُدْوَانِ

walaa ta’aawanuu ‘alal ‘ismi wal’udwaan

Artinya adalah : Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan permusuhan.

Pembahasan

Kalimat وَتَعَاوَنُوْا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوٰىۖ وَلَا تَعَاوَنُوْا عَلَى الْاِثْمِ وَالْعُدْوَانِ Terdapat dalam surat Almaidah ayat 2.

Surat Al-Maidah ayat 2 :

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لَا تُحِلُّوْا شَعَاۤىِٕرَ اللّٰهِ وَلَا الشَّهْرَ الْحَرَامَ وَلَا الْهَدْيَ وَلَا الْقَلَاۤىِٕدَ وَلَآ اٰۤمِّيْنَ الْبَيْتَ الْحَرَامَ يَبْتَغُوْنَ فَضْلًا مِّنْ رَّبِّهِمْ وَرِضْوَانًا ۗوَاِذَا حَلَلْتُمْ فَاصْطَادُوْا ۗوَلَا يَجْرِمَنَّكُمْ شَنَاٰنُ قَوْمٍ اَنْ صَدُّوْكُمْ عَنِ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اَنْ تَعْتَدُوْۘا وَتَعَاوَنُوْا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوٰىۖ وَلَا تَعَاوَنُوْا عَلَى الْاِثْمِ وَالْعُدْوَانِ ۖوَاتَّقُوا اللّٰهَ ۗاِنَّ اللّٰهَ شَدِيْدُ الْعِقَابِ

Artinya: Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu melanggar syiar-syiar kesucian Allah, dan jangan (melanggar kehormatan) bulan-bulan haram, jangan (mengganggu) hadyu (hewan-hewan kurban) dan qala’id (hewan-hewan kurban yang diberi tanda), dan jangan (pula) mengganggu orang-orang yang mengunjungi Baitulharam; mereka mencari karunia dan keridaan Tuhannya. Tetapi apabila kamu telah menyelesaikan ihram, maka bolehlah kamu berburu. Jangan sampai kebencian(mu) kepada suatu kaum karena mereka menghalang-halangimu dari Masjidilharam, mendorongmu berbuat melampaui batas (kepada mereka). Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan permusuhan. Bertakwalah kepada Allah, sungguh, Allah sangat berat siksaan-Nya.

Al-Maidah ayat 2 ini menjelaskan tentang

  1. Larangan berperang pada bulan tertentu
  2. Larangan menyiksa binatang
  3. Perintah tolong menolong dalam kebaikan
  4. Larangan tolong menolong dalam keburukan
  5. Perintah bertakwa kepada Allah
Baca Juga  Pukulan yang digunakan untuk mengawali pertandingan bulutangkis adalah

Sejak kecil kita sudah dididik untuk saling tolong menolong sehingga kita tidak asing dengan hal ini. Definisi tolong menolong adalah sikap saling membantu untuk meringankan beban orang lain dengan melakukan sesuatu Bantuan. Bantuan tersebut dapat berbentuk bantuan tenaga, waktu, ataupun dana.

Pelajari Lebih Lanjut

=========================================

Detail Jawaban

Kelas : 6

Mapel ; PAI

Kategori : Tolong menolong

Kode : 6.14.6

#AyoSekolah

Demikianlah Jawaban Soal Sekolah Tentang Wala ta awanu alal itsmi wal udwan artinya Semoga Bermanfaat.