Senam ritmik dibagi menjadi dua yaitu

Berikut Ini adalah Jawaban Soal Sekolah Tentang Senam ritmik dibagi menjadi dua yaitu

Jawaban: Senam irama dibagi menjadi dua macam yaitu senam irama tanpa menggunakan alat dan senam irama yang menggunakan alat seperti menggunakan pita, tali, gadai dan simpai.

Penjelasan:

Senam irama merupakan gerakan senam yang dilakukan dengan menggunakan irama musik, atau dapat disebut juga latihan bebas yang dilakukan secara berirama. Senam irama ini dapat dilakukan dengan menggunakan alat ataupun tanpa alat. pada dasarnya senam irama juga sering disebut sebagai senami senam ritmik.

1. Prinsip senam irama

Ada tiga prinsip dalam senam irama, yaitu :

  • Irama, Pada dasarnya masalah prinsip irama prinsi, irama bukan hanya soal musik, tetapi juga soal ritme tubuh ketika melakukan gerakan, yakni kapan atlet akan bergerak dengan tempo cepat, sedang dan lambat dengan beragam levelitas tubuh dan jenis mobilitasnya.  Musik dalam hal ini memberikan nuansa menambah semangat, penghayatan serta menjaga  konsentrasi agar tetap tenang dan fokus karena musik dapat meng- harmoniskan gerakan pada senam agar tidak hampa dan lebih menarik.
  • Fleksibilitas Tubuh, fleksibilitas tubuh juga menjadi suatu prinsip  dalam hal ini adalah kemampuan tubuh menciptakan serta melakukan berbagai jenis gerakan.  
  • Kontinuitas Gerak, Kontinuitas gerak erat hubungannya dengan rangkaian gerak yang tersusun pada satu koreografi utuh pada senam irama yang dipertandingkan. Apabila rangkaian gerak tersebut berangkat dari konsep yang kuat yang disertai dengan gagasan teatrikal, maka kontinuitas gerak seolah tampak mengalir seperti membawa kisah yang disampaikan melalui tubuh.

2. Jenis Senam Irama

  • Individu, Senam irama yang dilakukan pada kategori ini hanya oleh seorang atlet yang mempertunjukan koreografinya dengan sebuah alat saja atau tanpa alat.
  • Berkelompok, dalam senam irama pada kategori berkelompok para atlet umumnya bisa menggunakan satu jenis alat atau beberapa jenis alat untuk merangkai koreografi.
Baca Juga  Surat al hujurat ayat 12 dan 13

3. Macam-macam Senam Ritmik / Irama

  • Senam Ritmik dengan Alat Berupa Bola, apabila alat ini dipergunakan oleh atlet pada kelas individu, maka bola yang dibutuhkan hanyalah satu.  Dalam kategori berkelompok juga demikian, para atlet juga hanya mendapat satu bola meski pada nantinya bola tersebut digunakan, 1 atlet bisa bermain lebih dari satu bola, yakni dengan menggunakan bola milik rekannya.  Bola bisa dimainkan dengan berbagai cara yaitu dilemparkan, digelindingkan, atau dibawa dengan berbagai macam jenis gerakan atau gestur. Semakin sulitnya teknik yang digunakan atlet tersebut, maka poin yang didapatkan semakin tinggi.
  • Senam Ritmik dengan Alat Berupa Pita, Seperti halnya pada senam ritmik dengan alat berupa bola, pada alat ini masing-masing atlet hanya diperbolehkan menggunakan sebuah pita yang dimainkan dengan berbagai jenis cara dan gaya seperti diputar dengan putaran besar diputar dengan putaran kecil berpola, dilempar, dililit ke tubuh lalu dilepaskan kembali, dan sebagainya.
  • Senam Ritmik dengan Alat Berupa Tali, Penggunaan alat berupa tali ini bisa disetarakan dengan pita sebagaimana telah dijelaskan di atas dan akan lebih lanjut di jelaskan pada poin pembahasan berikutnya.
  • Senam Ritmik dengan Alat Berupa Gada, Tiap atlet akan menggunakan dua buah gada yang bisa dipegang dengan satu atau dua tangan, gada ini bisa dilempar dan dimain-mainkan dan diikuti dengan berbagai jenis gerakan tubuh yang sulit namun indah.
  • Senam Ritmik dengan Alat Berupa Simpai, alat Simpai merupakan alat yang dipergunakan dengan cara dilempar untuk ditangkap dengan berbagai cara, diputar dengan menggunakan bagian tubuh tertentu dan gestur tubuh tertentu, contohnya yaitu diputar dengan menggunakan pergelangan tangan lalu atlit tersebut memutar tubuhnya dengan bertumpu pada satu kaki.
Baca Juga  Telegraf mengirimkan sinyal untuk jarak jauh melalui

Pelajari lebih lanjut

  1. materi tentang pengertian senam brainly.co.id/tugas/22579184
  2. materi tentang jenis senam lantai brainly.co.id/tugas/6016430
  3. materi tentang pengertian senam brainly.co.id/tugas/3252475

—————————–

Detil jawaban  

kelas  :  9

Mapel : Penjaskes

Bab    : Senam Irama

Kode  : 9.22.8

Kata Kunci : Senam, Jenis, Sikap, Kategori, Ritmik.

Demikianlah Jawaban Soal Pelajaran Tentang Senam ritmik dibagi menjadi dua yaitu Semoga Bermanfaat.