salah satu unsur penting dalam peristiwa sejarah adalah waktu karena

salah satu unsur penting dalam peristiwa sejarah adalah waktu karena…
a. semua kehidupan didunia ditentukan oleh waktu
b. waktu akan membawa peristiwa dalam batasan tertentu
c. kehidupan dan waktu berjalan saling memengaruhi
d. batasan waktu membuat peristiwa yang terjadi menjadi lebih nyata
e. perjalanan hidup manusia tidak lepas dari waktu

jawaban

Unsur-unsur penting dalam sejarah adalah
1.Manusia

Unsur manusia memiliki peran penting dalam peristiwa sejarah. Manusia merupakan aktor utama yang sangat menentukan suatu peristiwa sejarah sehingga mempelajari sejarah dapat diartikan juga kita mempelajari sejarah manusia. Oleh karena itu, sejarah merupakan gambaran tentang cara manusia mempertahankan kehidupannya dengan menggunakan akal pikiran. Manusia sebagai aktor sejarah yang memiliki kemampuan berpikir merupakan cikal bakal munculnya ide kreatif.
2.Ruang

Ruang menurut KBBI adalah sela-sela antara dua (deret) tiang atau sela-sela antara empat tiang (dibawah kolom rumah), diartikan juga sebagai rongga yang berbatas atau terlindung oleh bidang atau juga rongga yang tidak terbatas, tempat segala yang ada.

Dalam sejarah, ruang merupakan unsur penting yang harus ada. Ruang atau tempat terjadinya peristiwa sejarah berkaitan dengan aspek geografis.
3.Waktu

Waktu adalah seluruh rangkaian saat proses, perbuatan, atau keadaan berada atau berlaangsung. Jam dan kalender merupakan alat untuk mengukur waktu. Jam adalah alat untuk mengukur waktu yang lamanya sehari semalam, sedangkan kalender berisi mengenai daftar hari dan bulan dalam setahun.

Setiap manusia dan makhluk hidup lainnya hidup dalam waktu dan tidak dapat dilepaskan dari waktu. Mereka berkaitan erat dengan kehidupan masa lalu, masa kini, dan masa depan. Mempelajari sejarah tidak hanya mempelajarai sesuatu yang berhenti, tetapi juga sesuatu yang terus bergerak sejalan dengan perjalanan waktu.

Baca Juga  Penderitaan rakyat Indonesia akibat kebijakan Tanam Paksa membuat banyak pihak bersimpati dan mengecam praktik Tanam Paksa. Karena kecaman dari orang Indonesia dan Belanda maka sistem Tanam Paksa dihapus tahun?

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah E.