suatu hari guru menerangkan tentang biopori di depan kelas

Bacalah teks berikut!

Suatu hari guru menerangkan tentang biopori di depan kelas. “Biopori itu bisa dijadikan sebagai salah satu usaha menghindari banjir”, jelasnya. “Sekarang, Ibu beri tugas pada kalian untuk membuat biopori di sekitar rumah, lalu kalian foto. Fotonya nanti ditempel di buku tugas dan berikan deskripsi.” Tiba-tiba seorang anak berkomentar, ”Syukurlah Bu, jalan menuju rumah saya sudah banyak bioporinya, tapi kata bapak itu bukan untuk menanggulangi banjir, melainkan biopori akibat sering banjir.” Mendengar itu semua anak dan Bu guru tertawa.

Kalimat yang menunjukkan krisis adalah …

Suatu hari guru menerangkan tentang biopori di depan kelas.

“Biopori itu bisa dijadikan sebagai salah satu usaha menghindari banjir,” jelasnya.

Sekarang, Ibu beri tugas pada kalian untuk membuat biopori di sekitar rumah, lalu kalian foto.

“Syukurlah Bu, jalan menuju rumah saya sudah banyak bioporinya, tapi kata bapak itu bukan untuk menanggulangi banjir, melainkan biopori akibat sering banjir.”

Mendengar itu semua anak dan Bu guru tertawa.

jawaban

Pembahasan
Krisis merupakan struktur anekdot yang menunjukkan tahapan permunculan suatu masalah dan kelucuan atau kritikan. Kelucuan yang terdapat pada teks anekdot tersebut terdapat pada dialog “Syukurlah Bu, jalan menuju rumah saya sudah banyak bioporinya, tapi kata bapak itu bukan untuk menanggulangi banjir, melainkan biopori akibat sering banjir.”

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.

Baca Juga  Rangkaian perubahan dalam pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup dinamakan?