Berikut yang bukan merupakan prinsip dasar dalam pembuatan poster secara digital adalah​

Berikut yang bukan merupakan prinsip dasar dalam pembuatan poster secara digital adalah​

jawaban

Berikut adalah prinsip dasar dalam pembuatan poster:

  1. Keseimbangan
  2. Alur baca
  3. Penekanan
  4. Irama
  5. Kesatuan

 

Pembahasan

Poster adalah selebaran berukuran besar yang berisi gambar dan tulisan yang bertujuan untuk menyampaikan pesan atau informasi tertentu bagi pembacanya. Pada umumnya, poster diletakkan di tempat yang umum dan mudah dilihat.

Terdapat lima prinsip yang harus diperhatikan dalam membuat desain poster, baik secara digital maupun secara tradisional. Berikut adalah masing-masing prinsip tersebut dan penjelasannya.

  • Keseimbangan

Prinsip keseimbangan adalah prinsip penyusunan komposisi unsur-unsur dalam poster. Ada dua jenis keseimbangan. Jenis pertama adalah keseimbangan simetris, di mana visual dari elemen-elemen desain poster terbagi secara merata di keseluruhan poster. Jenis kedua adalah keseimbangan asimetris, di mana visual dari elemen desain poster tidak merata di keseluruhan poster.

Keseimbangan dapat diwujudkan dalam warna, bentuk, ukuran, posisi, dan tekstur. Desain asimetris biasanya lebih mudah untuk membangkitkan emosi dan perhatian orang yang melihat poster tersebut.

  • Alur baca

Alur baca adalah prinsip di mana desainer poster mengarahkan gerak mata pembaca dalam menelusuri informasi yang terdapat dalam poster. Desain tersebut dibuat secara sistematis, Biasanya, alur gerak mata bergerak dari atas ke bawah dan dari kiri ke kanan.

  • Penekanan atau emphasis

Penekanan pada elemen topik tertentu dapat ditimbulkan oleh desainer untuk menonjolkan kepentingan atau fokus pada topik yang dibawakan. Penekanan dapat ditunjukkan melalui perbedaan ukuran, perbedaan warna (penggunaan warna yang kontras dan mencolok), perbedaan jenis dan warna huruf, dan sebagainya.

  • Irama atau ritme

Prinsip irama adalah prinsip pengulangan atau variasi dari komponen dalam desain grafis. Pengulangan yang muncul pada umumnya akan membentuk pola tertentu dan membuat desain poster tersebut mudah dilihat dan dikenali.

  • Kesatuan atau unity

Bagian-bagian dalam poster sebaiknya dibagi ke dalam kelompok-kelompok informasi tertentu yang saling berkaitan. Tujuannya adalah untuk mempermudah pembaca dalam menangkap dan memahami informasi yang diberikan.

Baca Juga  Poster yang berisi ajakan mencuci tangan sebelum makan adalah poster?

Kesatuan dapat ditunjukkan melalui pendekatan elemen poster, penggunaan garis pemisah, perbedaan warna latar belakang, dan sebagainya.