Bentuk pengamalan Pancasila yang mengandung nilai moral kemanusiaan adalah?

Bentuk pengamalan Pancasila yang mengandung nilai moral kemanusiaan adalah?

  1. mengakui Ke-Bhinneka Tunggal Ika-an sebagai arah pembinaan persatuan dan kesatuan bangsa
  2. menghargai sesama manusia yang memiliki rasa, cipta, cinta, karsa, dan keyakinan
  3. kedaulatan negara ada di tangan rakyat
  4. mewujudkan cita-cita masyarakat yang adil makmur merata material dan spritual.
  5. Semua jawaban benar

Jawaban yang benar adalah: B. menghargai sesama manusia yang memiliki rasa, cipta, cinta, karsa, dan keyakinan.

Dilansir dari Ensiklopedia, bentuk pengamalan pancasila yang mengandung nilai moral kemanusiaan adalah menghargai sesama manusia yang memiliki rasa, cipta, cinta, karsa, dan keyakinan.

Baca Juga  coba kalian rumuskan sendiri definisi hak dan kewajiban asasi manusia

Pembahasan dan Penjelasan

Menurut saya jawaban A. mengakui Ke-Bhinneka Tunggal Ika-an sebagai arah pembinaan persatuan dan kesatuan bangsa adalah jawaban yang kurang tepat, karena sudah terlihat jelas antara pertanyaan dan jawaban tidak nyambung sama sekali.

Menurut saya jawaban B. menghargai sesama manusia yang memiliki rasa, cipta, cinta, karsa, dan keyakinan adalah jawaban yang paling benar, bisa dibuktikan dari buku bacaan dan informasi yang ada di google.

Baca Juga  Norma yang keberadaannya dalam masyarakat diterima sebagai aturan mengikat walaupun tidak ditetapkan oleh Pemerintah disebut?

Menurut saya jawaban C. kedaulatan negara ada di tangan rakyat adalah jawaban salah, karena jawaban tersebut lebih tepat kalau dipakai untuk pertanyaan lain.

Menurut saya jawaban D. mewujudkan cita-cita masyarakat yang adil makmur merata material dan spritual. adalah jawaban salah, karena jawaban tersebut sudah melenceng dari apa yang ditanyakan.

Baca Juga  Hakikat integrasi nasional merupakan proses

Menurut saya jawaban E. Semua jawaban benar adalah jawaban salah, karena setelah saya coba cari di google, jawaban ini lebih cocok untuk pertanyaan lain.

Kesimpulan

Dari penjelasan dan pembahasan serta pilihan diatas, saya bisa menyimpulkan bahwa jawaban yang paling benar adalah B. menghargai sesama manusia yang memiliki rasa, cipta, cinta, karsa, dan keyakinan.